Jumat, 17 Desember 2010

Geophysics



Geofisika
adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer. Penelitian geofisika untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horisontal.


Bidang kajian ilmu geofisika meliputi meteorologi (udara), geofisika bumi padat dan oseanografi (laut).

Beberapa contoh kajian dari geofisika bumi padat misalnya seismologi yang mempelajari gempabumi, ilmu tentang gunungapi atau volcanology, geodinamika yang mempelajari dinamika pergerakan lempeng-lempeng di bumi, dan eksplorasi seismik yang digunakan dalam pencarian hidrokarbon.

Geofisika Terapan
Geofisika terapan adalah aplikasi geofisika dalam menyelidiki dan memahami kondisi bawah permukaan bumi untuk kepentingan-kepentingan yang berhubungan dengan kebutuhan manusia dalam bidang ekonomi, yaitu meminimalisasi kegiatan pengeboran dalam hal menentukan jenis lapisan, struktur dan kondisi pengendapan batuan dibawah permukaan.

Sheriff (1991) mendefinisikan Geofisika Terapan (Applied Geophysics) sebagai :
Pengembangan dan penafsiran pengukuran sifat fisik bumi untuk memahami kondisi bawah permukaan, terutama yang berhubungan dengan tujuan ekonomis, seperti penemuan sumber energi atau endapan mineral.
 
Salah satu keuntungan utama penerapan geofisika adalah karena sifat metoda ini yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan gangguan berarti terhadap lingkungan (bumi).Selain itu metoda ini juga mampu mencakup daerah yang luas dengan biaya rendah.

Sering dijumpai situasi dimana dalam suatu penelitian terjadi tumpang tindih antara bidang-bidang penerapan geofisika. Pada kenyataannya bila hubungan antara bidang-bidang terapan geofisika tersebut digambarkan, maka memang terdapat interseksi antara satu bidang dan bidang lainnya. Perlu juga diperhatikan bahwa ambiguitas metoda geofisika cukup besar sehingga untuk satu data yang sama sangat mungkin terdapat solusi yang berbeda. Untuk itu maka pada interpretasi data geofisika, korelasi silang dengan data geologi merupakan suatu hal yang mutlak.

Aplikasi metode Geofisika
Penerapan metoda geofisika secara terintegrasi untuk beberapa tipe mineralisasi yang berbeda telah menunjukan hasil-hasil yang baik dan sangat membantu para akhli eksplorasi dalam melokalisir  daerah prospek mineralisasi.
Dalam eksplorasi endapan batubara, metoda geofisika sangat membantu terutama dalam eksplorasi yang bersifat regional sampai semi regional dalam menentukan batas-batas suatu cekungan sedimentasi yang berkaitan dengan pengendapan batubara, struktur geologi yang mempengaruhi terhadap kontinuitas penyebaran batubara dan intrusi batuan yang mempengaruhi terhadap  kualitas batubara. 

Dalam disiplin lainnya, metoda geofisika sangat intensip digunakan antara lain dalam eksplorasi minyak bumi, panas bumi, geohidrologi, geologi teknik, antropologi dan lain sebagainya.

Aplikasi metoda geofisika dalam eksplorasi mineral merupakan disiplin yang sangat sulit, karena disatu pihak  dituntut untuk memberikan  hasil yang nyata, sedangkan dilain pihak kondisi alamiah yang sangat tidak homogen dan kecilnya kontras sifat fisika yang ada, menyebabkan hasil yang diperoleh sangat sulit untuk diprediksi dan diinterpretasi. Meskipun demikian dari sekian banyak penyelidikan yang telah dilakukan,  tidak sedikit yang berhasil memberikan  gambaran yang  baik dan  informatif terhadap para manager eksplorasi.

Beberapa hasil penyelidikan geofisika yang cukup baik yang pernah dilakukan antara lain akan dibahas dalam pembahasan  di bawah ini.

1. APLIKASI METODA GEOFISIKA PADA EKSPLORASI MINERAL LOGAM TIPE  PORPIRI
Lokasi penyelidikan yaitu di daerah Dawagu, Irian Jaya. Metoda geofisika yang diterapkan dalam penyelidikan ini yaitu IP, Geomagnet dan potensial diri (SP).

Alat yang digunakan antara lain :
-  Alat IP buatan IRISH INSTRUMENT Inc. yaitu konsorsium antara BRGM dan OYO Co, terdiri dari transmitter VIP-3000 dengan kemampuan mengirim arus maksimum 3 amper, dan alat penerima ELREC-T sistim digital yang dapat mengukur IP dengan cara time domain maupun frekuensi domain.
- Dua buah Proton Magnetometer Geometric, buatan USA,  model G.856.
- Satu unit alat ukur SP yang terdiri dari dua buah elektroda tak terpolarisasi, digital voltmeter dan kabel. 

Hasil penyelidikan menunjukan bahwa daerah mineralisasi ditunjukan oleh anomali magnet, chargeability  dan SP negatip tinggi. Anomali magnet mencapai besaran mencapai lebih dari 1000 gamma sedangkan anomali IP menunjukan harga backround kira-kira 20 mV. Anomali SP pada pusat inrusi porpiri mencapai – 350 mV. Hasil pemboran menunjukan bahwa anomali magnet tinggi yang tidak ditunjang oleh IP tinggi tidak menunjukan adanya mineralisasi.

2. APLIKASI METODA GEOFISIKA PADA ENDAPAN EMAS PLACER

Lokasi penyelidikan yaitu di daerah Takaoi, Kabupaten Kahayan Hulu, Kalimantan Tengah. Metoda yang diterapkan dalam penyelidikan ini yaitu metoda tahanan jenis dengan mengaplikasikan konfigurasi dipole-dipole dan Schlumberger sebagai kontrol terhadap hasil dipole-dipole.
Alat yang digunakan yaitu alat tahanan jenis SAS –3000 buatan Swedia.
Hasil penyelidikan menunjukan dengan jelas adanya tiga lapisan tiga lapisan yaitu lapisan tanah penutup dengan ketebalan rata-rata 3 meter, lapisan aluvium dengan ketebalan 7 sampai 10 meter yang ditempati oleh konglomerat dan sisipan lempung dan batuan dasar pada kedalaman antara 10 sampai 15 meter.
Berikut beberapa gambar mengenai aplikasi metode geofisika :


    






































Berikut beberapa software-software yg berguna dalam bidang geofisika :


*...IPI2win...*Software Pengolah Data Resistivitas 1D, download
*...Resixp...*
Software Prosesing Resistivitas 1D (VES), download
*...Res2Dinv Ver 3.54z...*
Software Pengolah Data Resistivitas dan IP 2D, download
*...Res2DMOD...*
Software Forward Modeling Resistivitas dan IP 2D, download
*...Res3Dinv...*
Software Pengolah Data Resistivitas dan IP 3D, download



Berikut beberapa video yg berhubungan dengan Geofisika :



-------------------------------------------------------------------------------------


- NAMA : YONDY RISNADO -
- NPM  : 270110090128  -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar